Selasa, 17 Februari 2009

Perlengkapan Teknisi Ponsel

Dalam era yang maju yang sudah berkembang seperti sekarang ini, komunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, maka dari itu perangkat memiliki telepon genggam atau handphone sudah menjadi hal yang biasa, sehingga bisa dianggap sekarang ini hampir semua orang mempunyai handphone sebagai akses komunikasi. Dari jaman dahulu kala, pertama keluarnya handphone sampai jaman atom nanti, fitur-fitur handphone akan terus bertambah dan berkembang.

Nah yang sekarang ini sudah ada smartphone (handphone pintar) yang biasa kita sebut dengan PDA, atau ada juga dari vendor nokia yang mengusung tipe Nokia N-series dengan slogan “computer becomes”.




Ditilik dari hal itu, dari semua peralatan elektronik, pasti ada suatu kesalahan atau kerusakan pada suatu saat oleh karena banyak faktor, oleh karena itu piranti elektronik memerlukan pemakaian sesuai dengan manual user dan apabila terjadi kerusakan, diperlukan perbaikan yang benar.

Oleh karena itu banyak sekali pelatihan-pelatihan secara cepat dalam beberapa minggu atau dalam beberapa hari yang mendidik untuk menjadi teknisi handphone. Biasanya dalam pelatihan-pelatihan tersebut juga menawarkan untuk perlengkapan sebagai teknisi handphone, karena tidaklah tidak mungkin kalau ilmu yang kita dapat setelah mendapat pelatihan handphone hanya kita simpan saja tanpa kita praktekan, apalagi lebih bagus kalau jasa pelatihan teknisi hadphone tersebut mengikutkan program magang atau konsultasi bagi alumni pelatihannya. Karena tujuan dari pelatihan sebagai teknisi handphone, supaya mereka yang mengikutinya bisa mempraktekan ilmu yang telah mereka dapat dan lebih bagus lagi kalau bisa membuka wiraswasta teknisi handphone, saya rasa peluangnya masih cukup besar dan menguntungkan asalkan kita dengan tekun dan jujur dalam membuka jasa teknisi handphone tersebut.

Tidak lepas dari itu saya juga masih belajar dalam memperbaiki handphone, sehingga blog ini juga tercipta dari hal-hal yang saya dapatkan saat mempelajari tentang perbaikan handphone. Oleh karena itu saya sangat mendukung adanya pelatihan ataupun sekolah sebagai teknisi handphone.

Oke Adapun alat2 yang digunakan oleh seorang teknisi ponsel pada umumnya adalah :
1. AVO meter Analog dan digital
2. Blower/Solder Uap/ Hot Air
3. Solder kristal dengan mata solder runcing dan kecil.
4. Satu set obeng ponsel
5. Timah ( Timah cair, Timah ukuran 0,4, dan timah bulat
6. flugs
7. Keda ( cairan untuk melepas lem pada ic }
8. Alat Bongkar casing/tang pembuka
9. Buku Skema Jalur Atau Diagram jalur berbagai tipe ponsel
10. Kawat Email atau kawat jumper
11. Solasi Kertas
12. pinset ( lurus dan bengkok )
13. Cutter
14. Kapas Pembersih Atau Cotton But
15. Alkohol atau cairan tiner
16. Power DC
17. Pasta Solder
18. Papan Cetak Kaki IC
19. Meja dan ruangan yang nyaman untuk kerja

Demikian beberapa alat2 yang sering digunakan oleh para teknisi ponsel dalam memperbaiki ponsel...untuk gambar dari alat tersebut dapat di search di google.

THX

By : v_cell



Tidak ada komentar:

Posting Komentar